Senin, 19 Agustus 2013

Prosedur Untuk Mengambil Sertifikat D3

at Senin, Agustus 19, 2013  |  1 comment

Bagi teman-teman diUniversitas Gundarma yang sudah menyelesaikan sidang penulisan ilmiahnya dan dinyatakan lulus biasanya akan disuruh untuk melengkapi persyaratan-persyaratan yang diselesaikan terlebih dahulu sebelum mengambil sertifikat D3nya, namun masih banyak mahasiswa yang belum paham betul bagaimana prosedur yang benar bahkan dalam waktu sehari saya bisa mendapatakan belasan pertnayaan yang sama dari teman-teman seangkatan dan juga senior "bro, abis sidang ngapain lagi?, upload presentasi dimana?, PInya diupload?, dan saya harus menjawab dengan kalimat yang sama, jujur itu melelahkan, jadi untuk tulisan kali ini saya akan mencoba memaparkan langkah-langkah setelah kalian menyelesaikan sidang PI. Berikut langkah-langkahnya :

Pertama : 
Biasanya setelah kalian menyelesaikan sidang PI 99.9% pasti akan mendapatkan surat refisi, dimana surat itu berisi tentang perbaikan laporan penulisan yang kita buat, mungkin bagian daftar isi, daftar pustaka yang harus dirubah, bagian isi atau bahkan bisa saja perbaikan pada program atau aplikasi yang kalian buat (hanya untuk peserta sidang ilkom yang membuat program aplikasi) seperti penambahan fungsi dan lainnya. Oke tahap pertama selesai.

Kedua:
Upload slide sidang kalian yang telah menggunakan template gunadarma, templae gundarma dapat didownload pada menu layanan Deposit Library pada studentsite.

langkah 1

Langkah 2


Langkah 3


Jika sudah mengganti template gunadarma dan apabila kalian sudah siap untuk mengupload pastikan judul dan data cover slide sidang sesuai dengan data penulisan ilmiahnya. Untuk mengupload slide sidang pilih menu Upload Penulisan Ilmiah, kemudian pilih tombol Upload Penulisan Anda, isi semua data dengan benar dan teiliti, yang harus diperhatikan adalah pada bagian Informasi Sidang ubah jenis penulisan menjadi Slide Sidang, karena yang akan kalian upload adalah slide file sidang bukan file penulisan atau yang lainnya. 
Pada tahap selanjutnya kalian hanya perlu mengkli tombol Select File dan memili file yang akan kalian upload.

Langkah 4


Apa bila proses upload telah selesai kalian dapat mengprint bukti uploadnya dengan mengklik tombol Cetak Bukti Presentasi



Namun sebelum itu cek terlebih dahulu apakah file telah berhasil diupload, karena terkadang data dapat diprint tanpa ada kesalahan tapi file yang seharusnya telah terproses belum tersimpan pada database deposit system karena kesalana jaringan saat penguploadtan.




Ketiga :
Tahap ini adalah tahap mengumpulkan tanda tangan dan juga stempel. Setelah menyelesaikan tahap kedua dengan benar bawa bukti upload keperpustakaan kalimalang atau depok untuk diperiksa kembali apakah sudah benar atau belum data yang diupload, seperti kesamaan judul bukti upload dan slide sidang, template yang digunakan, dan kelengkapan file. Sehabis mendapatkan tanda tangan dan stempel dari perpustakaan barulah kalian mengumpulkan 3 tanda tangan dan 2 stempel pada lembar pengesahan.

(Tanpa tahap ketiga kalian juga sudah bisa langsung meminta ttd dari dosen pembimbing)


Keempat :
Upload semua penulis perkategorinya, cover, daftar isi, abstraksi, dll semua dipisah, cara penguploadtan sama seperti upload sllide sidang tapi perhatikan kategori jenis penulisannya = Penulisan Ilmiah Setara Serjana Muda (disesuaikan saja). Contoh :


Keterangan : Untuk kedua file lembar pengesahan dan lembar pernyataan originalitas harap discan sebelum diupload,  karena itu perhatikan pada lembar pernyataan originalitas jangan lupa isi tanggal sidang, tanggal lulus, foto dan tanda tangan.


Keenam :
Tahap ini dinamakan tahap sumbang buku atau tahap yang terakhir, setelah kalian mengupload semua kelengkapan file bawa keperpustakaan sesuai tempat kuliah. Selebihnya akan dijelaskan oleh petugas yang bersangkutan.

Share
Posted by Adyth Radinal
Comments
1 Comments

1 komentar:

© 2013 Lihat Artikel. Woo Themes converted by BloggerTheme9
Blogger template Proudly Powered by Blogger.